Goa Gadung


Goa Gadung terletak di  Dusun Kutugan Desa Pundungsari Kecamatan Semin,anda bisa melakukan perjalan ke arah sini melalui dua jalur yaitu dari Semin ke Kutugan dan dari Ponjong ke Tambakromo lalu ke Kutugan dengan mengunakan roda dua maupun empat diperjalanan akan tertantang dengan medan yg sangat tinggi dan berkelok namun demikian hal tersebut malah membuat perjalanan anda sangat mengasikkan dikarenakan semakin keatas pemandanggan akan semakin indah,apalagi pada sore maupun pagi hari cahaya matahari akan membuat semakin indah suasana alam di sekitar.Letak Goa Gadung terletak disebelah timur Dusun Kutugan Goa ini udah ada sejak zaman dahulu konon nama goa Gadung berasal karena disamping Goa tersebut banyak tanaman gadung maka disebutlah goa gadung menurut penduduk disekitar,Disekitar Goa Gadung terdapat sungai yg mengalir jernih ditambah lagi pemandangan tebing tebing tinggi yg indah dan masih alami.Hal yg menarik tentunya alam yg masuh terjaga habitatnya sehingga tidak heran sekelompokan Ekor Monyet sering terlihat disekitar tempat tersebut.Disekitar sini juga aneka burung masih bayak dijumpai,Penduduk yg ramah pun sering kita jumpai disekiat sini anda tertarik dengan wisata alam mungin salah satunya adalah Goa Gadung yg perlu anda kunjungi......



 
Kekayaan alam berupa Goa yang tersimpan dibalik terjalnya pegunungan kapur di Gunungkidul seakan tak pernah selesai untuk ditelusuri. Salah satunya berada di kecamatan Semin. Goa bernama Goa Gadung ini tepatnya berada di Dusun Kutugan, Desa Pundungsari. Letaknya yang berada hampir di puncak bukit membuat akses ke Goa ini sangat susah. Dari terminal Semin ke arah timur menuju Desa Karangsari, kemudian menuju Dusun Nganjir yang terletak di lereng-lereng bukit.  Hati-hati jalan naiknya cukup tajam, dan akan berbalik menjadi turunan tajam ketika perjalanan pulang. Setelah mecapai Dusun Nganjir, tanyakan kepada penduduk sekitar jalan menuju ke Goa Gadung. Anda harus melewati pematang sawah, menyeberangi sungai yang terdapat batu-batu besar dan menaiki bukit untuk mencapai Goa ini. Perjalanan menuju Goa ini akan terasa sangat melelahkan. Dalam perjalanan anda akan dimanjakan oleh pemandangan-pemandangan istimewa dari atas bukit.
Goa ini terletak di sebuah lereng bukit, dan pintu masuknya agak tersembunyi. Di bawah goa ini terdapat sumber mata air yang sudah dimanfaatkan oleh warga pedusunan dibawahnya. Terlihat dari pipa-pipa dan selang-selang yang berfungsi untuk menyalurkan air ke bawah bukit. Pemandangan dari dalam Goa menuju keluar juga sangat istimewa dan sangat menyejukkan. Goa ini sebenarnya cukup panjang. Jika anda ingin menyusuri Goa ini disarankan mempersiapkan peralatan oksigen, karena udara di bagian dalam goa terasa cukup pengap. Jangan lupa juga untuk membawa alat penerangan. Sayang sekali terlihat banyak vandalisme yang dilakukan oleh-oleh orang tak bertanggung jawab dan tidak jelas apa maksudnya. Coretan-coretan di dinding yang bertuliskan nama-nama orang yang pernah mengunjungi tempat ini terasa sangat merusak dan mengganggu pandangan mata.
Anda seorang pecinta alam dan penggila petualangan? Maka sangat disarankan untuk mengunjungi dan melakukan susur goa di Goa Gadung ini. Pemandangan dan sensasi dalam mencapai goa ini tak akan terlupakan.

Goa Gadung
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar